Kamis, 10 Desember 2015

Profil Perusahaan Apple


Logo Apple

Apple, Inc. didirikan pada tanggal 1 April, 1976 dan diinkonporasikan menjadi Apple Computer, Inc pada tanggal 3 Januari, 1977. Pada 9 Januari, 2007, kata “Computer” dihapus untuk mencerminkan fokus Apple terhadap bidang elektronik konsumen pasca peluncuran iPhone (Wikipedia, 2014). Apple, Inc. adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Silico Valley, Cupertino-California. Apple, Inc. bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan barang-barang yang meliputi elektronik konsumen, perangkat lunak komputer, serta komputer pribadi.
Apple dikenal akan jajaran produk perangkat lunak diantaranya sistem operasi OS X dan iOS, pemutar musik iTunes, serta peramban webSafari, dan perangkat keras diantaranya komputer meja iMac, komputer jinjing MacBook Pro, pemutar lagu iPod, serta telepon genggam iPhone. Pada tahun 1977, komputer Apple II diperkenalkan. Apple II adalah sebuah komputer lengkap dengan 4 Kilobyte RAM yang dijual dengan harga USD 1,298. Hal tersebut ditambahkan dengan warna dan gambar yang membuat Apple II pada saat itu sebagai komputer yang paling banyak dipergunakan.
Apple Inc. mendistribusikan dan mengembangkan sistem operasi perangkat bergerak yang bernama iOS (sebelumnya iPhone OS). Sistem operasi ini pertama diluncurkan tahun 2007 untuk iPhone dan iPod Touch, dan telah dikembangkan untuk mendukung perangkat Apple lainnya seperti iPad dan Apple TV. Tidak seperti Windows Phone (Windows CEMicrosoft dan Android Google, Apple tidak melisensikan iOS untuk diinstal di perangkat keras non-Apple. Pada 12 September 2012App Store Apple berisi lebih dari 700.000 aplikasi iOS, yang secara kolektif telah diunduh lebih dari 30 miliar kali (Apple, 2011). Sistem operasi ini memiliki pangsa pasar 14,9% untuk unit sistem operasi perangkat bergerak telepon cerdas yang dijual pada kuartal ketiga 2012, terbanyak setelah Android Google (IDC, 2012).  Menurut Apple (2012), pada tanggal 12 September 2012, 400 juta perangkat bergerak iOS telah dijual sepanjang bulan Juni 2012.
Perjalanan Apple Inc. untuk bisa sampai dengan posisinya pada sat ini sebagai brand leader cukup panjang. Bahkan Co-Founder Apple, Steve Jos sempat dipecat dari Apple karena ketidakseragaman pikiran dengan management Apple pada saat itu. Steve Jobs kembali lagi di Apple pada tahun 1998 karena perusahaan miliknya, NeXT dibeli oleh Apple (yang berkembang menjadi Mac OS X yang kita kenal sekarang). Steve Jobs merubah divisi Apple menjadi seperti sekarang yaitu divisi Apple Newton dan inovasi pun terus dilakukan. Apple, Inc tidak memiliki perwakilan langsung di Indonesia. Kepengurusan reseller, training center dan service center di Indonesia diurus oleh perwakilan dari Apple Singapore.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar